Pertanyaan yang diajukan artikel ini:"Apa yang dilakukan perusahaan SEO?""Apa tanggung jawab agensi SEO?""Bagaimana saya tahu jika perusahaan SEO saya melakukan pekerjaan dengan baik?"

Daftar Isi: Peran & Tanggung Jawab Perusahaan SEO
1. Memahami Tujuan & Sasaran Klien2. Audit Situs Web: Identifikasi Status Situs Web Saat Ini
Navigasi & Struktur URL
Sitemaps
Konten
Layout / Pengalaman Pengguna
Kecepatan Situs Web & Faktor Teknis Lainnya3. Riset Kata Kunci: Identifikasi Istilah di mana sebuah Website Harus Peringkat
SEO On-Page
SEO Off-Page
Laporan Rangking Kata Kunci Saat Ini4. Link Balik: Analisis Profil Backlink Saat Ini
Link Balik Kualitas Buruk
Bangun Tautan Balik Kualitas Baik5. Analisis Pesaing: Identifikasi Situs Web Klien Peringkat Potensi vs Situs Web Pesaing
Ukuran Situs Web
Perbandingan Backlink6. Pelaporan SEO: Tinjauan Bulanan dari Analisis & Tujuan Perusahaan
Analisis Google Analytics & Metrik
Halaman Bagian untuk ditautkan dari Daftar Isi di atas
Pelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis layanan SEO.Peran & Tugas Perusahaan SEO...1. Memahami Tujuan & Sasaran KlienSebelum memulai pekerjaan pengoptimalan apa pun, perusahaan SEO perlu memahami apa yang diinginkan klien untuk dicapai.Sasaran paling umum yang dinyatakan oleh klien adalah:“Saya ingin peringkat yang lebih baik.” “Bagaimana peringkat saya lebih baik?” “Saya memerlukan lebih banyak lalu lintas.” “Bagaimana saya mendapatkan lebih banyak lalu lintas?” “Saya perlu lebih banyak penjualan.” “Bagaimana saya meningkatkan penjualan online saya?” “ Saya ingin visibilitas online yang lebih besar? "" Bagaimana saya membuat lebih banyak orang tahu tentang produk / layanan saya? "Pendekatan yang mungkin diambil oleh perusahaan konsultan SEO untuk mencapai sasaran klien hanya dapat dibuat setelah pemahaman yang jelas tentang tujuan tercapai. Dari pemahaman inilah seorang ahli SEO mampu menyusun strategi dan menerapkan rencana SEO yang efektif yang akan memenuhi kebutuhan klien....2. Audit Situs Web: Identifikasi Status Situs Web Saat Ini
Navigasi & Struktur URLNavigasi situs web (menu) sangat penting untuk potensi keberhasilan situs web. Baik peringkat situs web dan tingkat konversi secara langsung dipengaruhi oleh item menu. Jika terlalu banyak opsi yang tersedia, pengunjung mungkin menjadi bingung oleh kompleksitas menu dan hanya pergi untuk situs web yang lebih mudah digunakan. Ini terkait dengan pengalaman pengguna (UX).Struktur menu yang sederhana dan intuitif mendorong penggunaan dan keterlibatan yang lebih besar oleh pengunjung. Google menyadari metrik seperti ‘waktu di situs’ dan ‘rasio klik tayang (RKT)’. Semua hal lain dianggap sama, situs web yang memiliki lebih banyak waktu dihabiskan di situs oleh pengunjung atau jumlah klik yang lebih banyak ke halaman lain di situs web, akan memiliki peringkat yang lebih baik dan kemungkinan menerima lebih banyak lalu lintas daripada situs web dengan waktu yang lebih rendah di situs dan RKPT.
SitemapsPenting untuk mengidentifikasi apakah situs web klien menggunakan peta situs karena mereka membantu merayapi mesin telusur (mengunjungi laman) situs web, yang membantu memiliki lebih banyak laman yang diindeks (termasuk dalam mesin telusur). Yang paling penting adalah XML (eXtensible Markup Language) sitemaps. Opsi tambahan adalah HTML (Hypertext Markup Language) sitemap. Jika situs web tidak memiliki sitemap (sebaiknya peta situs XML), situs web tidak dioptimalkan dengan benar untuk mesin telusur.
KontenPerusahaan SEO profesional harus meninjau kuantitas dan kualitas konten situs web yang ada. Teks / salin apa yang digunakan pada berbagai halaman situs web? Bagaimana halaman situs web terhubung / terkait satu sama lain? Sebagian besar keberhasilan optimasi mesin pencari tergantung pada kualitas dan jumlah teks pada halaman dan jumlah halaman (ukuran) dari sebuah situs web.Bagian lain dari tanggung jawab perusahaan SEO adalah memahami lanskap kompetitif di mana seorang klien bersaing. Biasanya, situs web yang lebih besar (yang memiliki lebih banyak halaman) akan memiliki peringkat yang lebih baik daripada situs web yang lebih kecil. Dan, halaman yang lebih besar dengan lebih banyak konten di halaman akan keluar-peringkat halaman lebih tipis dengan konten kecil. Manajemen konten sangat penting untuk kesuksesan online situs web.
Layout / Pengalaman PenggunaPengalaman pengguna situs web sangat penting untuk keberhasilannya. Jika seorang pengunjung mendarat di situs web dan tidak menyukai tampilannya, mereka akan pergi ke situs web lain. Jika situs web sulit digunakan, pengunjung tidak akan menghabiskan waktu untuk mencoba mencari tahu.Seperti yang disebutkan sebelumnya, waktu di situs dan rasio klik tayang merupakan faktor penting bagi Google dan menuju peringkat dengan baik. Pengalaman pengguna, oleh karena itu, sangat penting untuk peringkat. Selain itu, desain situs web yang diinginkan dengan gambar yang menarik dan penggunaan warna, akan mendorong lebih banyak konversi (mengambil tindakan yang diinginkan seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian).
Kecepatan Situs Web & Faktor Teknis LainnyaPeringkat yang lebih tinggi dan lebih banyak lalu lintas
SEO Off-PageSelain peluang pengoptimalan pada halaman, perusahaan SEO yang efektif akan mengetahui faktor pengoptimasi di luar halaman yang secara positif memengaruhi peringkat. Bagian terpenting dari SEO off-page adalah membangun tautan, yang disebut sebagai tautan balik, ke situs web klien. Link balik dianggap oleh banyak konsultan SEO untuk menjadi aspek yang paling penting dari optimasi mesin pencari dan penting untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi. Karena backlink sangat penting, sering kali area yang disalahgunakan atau dilakukan dengan tidak benar.Mendapatkan tautan balik semestinya menjadi hasil alami dari menulis konten yang menarik dan berkualitas yang menarik bagi pembaca. Ketika sebuah situs web berisi informasi yang berguna, situs web lain akan lebih mungkin untuk merujuk informasi dengan memberikan tautan ke halaman dari mana asalnya. Wikipedia, misalnya, memperoleh banyak informasinya dari situs web lain dan memberikan tautan (referensi) ke sumber informasi. Ketika tautan balik ini berisi kata kunci yang diinginkan dalam jangkar teks (kata-kata yang dapat diklik backlink, biasanya digarisbawahi), ini membantu meningkatkan peringkat.Area utama lain dari SEO off-page adalah media sosial. Sementara peringkat organik tinggi dapat menghasilkan lalu lintas yang signifikan ke situs web, begitu juga situs media sosial seperti Facebook dan LinkedIn.
Laporan Rangking Kata Kunci Saat IniPerusahaan konsultan SEO profesional harus menganalisis peringkat situs web saat ini untuk membantu menetapkan strategi kata kunci yang menjadi fokus. Kemungkinan meningkatkan peringkat dan lalu lintas lebih besar dengan kata kunci / istilah yang sudah diberi peringkat, oleh karena itu, ini adalah titik awal yang sangat baik untuk memulai pengoptimalan situs web....4. Link Balik: Analisis Profil Backlink Saat Ini
Link Balik Kualitas BurukTautan balik dianggap oleh konsultan SEO untuk menjadi elemen paling penting yang membantu peringkat. Perusahaan SEO harus menganalisis tautan balik (profil backlink) ke situs web klien. Tautan balik berkualitas buruk dapat merusak peringkat situs web dengan memengaruhi kredibilitas dan otoritas situs web.Ketika tautan balik berasal dari situs web yang tidak terkait, itu mungkin mengirim pesan campuran ke Google. Jika, misalnya, situs web klien adalah tentang perbaikan kendaraan bermotor, situs web tersebut harus memiliki tautan balik dari situs web terkait otomatis lainnya. Tautan dari situs web yang tidak terkait dapat mencairkan pemahaman mesin telusur tentang apa situs web Anda dan, oleh karena itu, dapat mengganggu peringkat untuk kata kunci terkait mobil.Agen SEO profesional akan membantu menghapus tautan balik berkualitas buruk.
Bangun Tautan Balik Kualitas BaikKarena tidak di atas, tautan berkualitas baik ke situs web harus berasal dari situs-situs yang terkait secara topikal lainnya. Selain terkait dengan situs klien, tautan balik harus berasal dari situs web yang kredibel dengan otoritas laman dan domain tinggi. Tautan, misalnya, dari pos Huffington sangat bagus karena situs web ini sangat dihormati. Tautan dari situs web berkualitas tinggi sangat sesuai dengan situs web yang mereka tautkan. 5. Analisis Pesaing: Identifikasi Situs Web Klien Peringkat Potensi vs Situs Web Pesaing
Ukuran Situs Web
Jumlah halaman situs web klien dibandingkan dengan pesaingnya membantu menentukan tingkat persaingan di mana ia dapat berhasil. Biasanya, semakin banyak halaman yang dimiliki situs web, semakin besar kemungkinan ia dapat mengungguli situs web yang lebih kecil. Ketika agensi SEO memahami bagaimana ukuran situs web klien dibandingkan dengan pesaingnya, strategi SEO yang lebih efektif dapat dikembangkan. Akan membuang-buang waktu dan uang bagi perusahaan SEO untuk pergi setelah kata kunci yang situs web kliennya tidak bisa bersaing. Ada kemungkinan kecil bahwa situs web dengan 100 halaman dapat peringkat serta pesaing dengan 500 halaman.
Perbandingan Backlink
Tautan balik, yang merupakan tautan dari situs web lain ke situs web Anda, adalah elemen paling penting dari peringkat yang baik di mesin telusur. Mengapa? Yah, premis algoritma pencarian Google didasarkan pada nilai "kata-dari mulut ke mulut". Sama seperti konsep rujukan positif dari teman atau anggota keluarga, tautan dari situs web lain dihargai oleh Google dengan cara yang sama. Semakin banyak tautan balik, semakin banyak rujukan positif yang diterima situs web dan, di mata Google, semakin berharga situs web tersebut bagi pengguna dan, selanjutnya, semakin baik peringkat situs web dalam hasil pencarian.
Karena backlink adalah elemen SEO yang paling penting, itu adalah area yang sering disalahgunakan oleh para ahli SEO. SEO profesional yang mempraktikkan pengoptimalan situs web atas nama klien tidak boleh mempraktikkan manipulasi backlink. Google melihat memanipulasi tautan balik sebagai di luar pedoman mereka dan, dengan demikian, dianggap sebagai SEO topi hitam, yang merupakan teknik SEO yang berada di luar Pedoman Google.
...
6. Pelaporan SEO: Tinjauan Bulanan dari Analisis & Tujuan Perusahaan
Google Analytics
Ketika situs web memasang kode Analytics Google di situs web mereka, Google dapat mengukur metrik situs web. Data analitik yang disediakan oleh Google berharga bagi pemilik situs web dan pakar SEO karena data memberikan wawasan tentang cara situs web digunakan oleh pengunjung. Dengan memahami bagaimana pengunjung berinteraksi (atau tidak berinteraksi) dengan situs web, penyesuaian dapat dilakukan untuk meningkatkan situs.
Jika satu laman web, misalnya, dilihat paling banyak di situs web dan untuk jangka waktu terlama, kedua metrik ini memberikan wawasan tentang konten apa yang paling banyak dibaca oleh pengunjung. Di sisi lain, halaman web yang tidak dilihat dapat ditingkatkan dengan konten informasi tambahan untuk meningkatkan interaksi pengunjung. Analisis Metrik Situs WebPerusahaan SEO profesional akan menggunakan metrik situs web untuk meningkatkan tingkat konversi keseluruhan situs web klien. Sementara peringkat yang lebih baik dan lebih banyak lalu lintas ke situs web adalah tanggung jawab pertama dari agensi SEO, pakar SEO harus melampaui tanggung jawab dasar pertama ini. Menyediakan layanan SEO profesional melampaui peringkat dan lalu lintas untuk meningkatkan penggunaan keseluruhan situs web oleh pengunjung. Pengoptimalan situs web juga mencakup peningkatan ukuran seperti waktu keseluruhan yang dihabiskan di situs web, meningkatkan jumlah halaman yang dikunjungi dan metrik lain yang meningkatkan tingkat interaksi pengunjung dengan situs web. Tujuannya, setelah semua, adalah tingkat konversi yang lebih besar, yaitu, lebih banyak konversi pengunjung (yaitu penjualan Online atau penyelesaian formulir).
Kesimpulan:Perusahaan SEO memiliki banyak peran dan tanggung jawab kepada kliennya. Tujuan utama dari optimisasi mesin pencari adalah untuk membantu peringkat situs web lebih baik, mencapai lebih banyak lalu lintas online dan mengkonversi lebih banyak pengunjung ke pelanggan. Untuk mencapai tujuan klien, perusahaan konsultan SEO profesional harus terlebih dahulu memahami apa yang diharapkan klien untuk dicapai. Audit situs web adalah titik awal yang khas untuk memulai pengoptimalan situs web. Dengan memperbaiki kesalahan teknis yang diidentifikasi dalam audit situs, aspek lain dari SEO dapat memiliki dampak yang lebih besar. Riset kata kunci, ulasan profil backlink dan analisis pesaing adalah tiga elemen penting dalam menetapkan strategi optimalisasi yang efektif. Akhirnya, tinjauan analitik bulanan mengidentifikasi aspek apa dari SEO yang bekerja serta menjaga klien tetap berkinerja.